Tips Memilih E-Learning

e-learning merupakan salah satu cara belajar yang tengah menjadi tren pendidikan di era kini. Banyak masyarakat sekarang mulai beralih dari pembelajaran secara offline ke online. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan platform dan start-up berlomba membuat sebuah learning management system atau disingkat sebagai LMS guna menarik konsumen untuk belajar menggunakan produknya. Bagi para konsumen dalam pemilihan platform atau LMS e-learning yang baik dapat dilihat dari beberapa hal yaitu sebagai berikut:

Kemudahan dalam penggunaan

Sebagai konsumen, user interface atau tatap muka pengguna menjadi seuatu hal yang sangat perlu diperhatikan. Pastikan untuk memilih platform e-learning yang mudah untuk digunakan baik sebagai pengguna, pengisi materi atau administrator. Kerumitan interface dapat menyebabkan pemelajar mengalami stress dan kurang fokus dalam pembelajaran.

Kemudahan pengaturan

Jika anda seorang pembelajar yang menggunakan platform e-learning dalam pembelajaran, maka secara otomatis anda akan menjadi seorang administrator kelas virtual anda. Pastikan platform yang anda gunakan mudah untuk diatur baik dari konten, siswa virtual dan dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam pembelajaran nantinya.

Kemudahan dalam mengakses

Banyak platform e-learning yang menggunakan program khusus atau hanya dapat digunakan dengan kondisi tertentu. Sebagai pengguna, anda disarankan untuk memilih platform yang dapat digunakan tanpa perlu menambahkan aplikasi tertentu atau menggunakan program yang terbuka yang dapat diakses dari manapun, kapan pun dan dimana pun. Banyak platform yang menyediakan akses melalui gadget pintar, seperti smartphone, tablet dan laptop. Pilihlah sesuai dengan alat yang anda miliki untuk mengaksesnya

Kompatibel

Selain e-learning sangat variatif dalam mengaksesnya, konten yang terdapat didalamnya juga harus dapat diakses dengan berbagai format. Entah berupa video yang dapat diakses dengan media social, seperti YouTube, Facebook atau lainnya. Platform yang baik juga biasanya menyediakan kemudahan dalam mengakses konten menjadi bahan cetak, melalui PDF atau lainnya.

Mudah dan terjangkau harganya

Pilihlah platform yang menyedia pembelajaran secara gratis, atau jika berbayar pastikan untuk memilih yang murah harganya. Berhati-hati dalam memilih platform e-learning juga mampu menghindarkan anda dari membayar biasa yang biasanya muncul setelah anda menggunakan platform yang semula gratis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *