Internet dan Indonesia

Internet merupakan salah satu hal yang hampir tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat pada masa ini. Hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat era globalisasi menggunakan internet, mulai dari keamanan rumah, berbelanja kebutuhan harian, hingga urusan perbankan. Hal ini tentu menjadikan perubahan gaya hidup masyarakat, tidak terkecuali dalam hal pendidikan. Dengan adanya internet, maka banyak orang yang mulai mencoba cara belajar baru dengan e-learning.

Bagi teknolog pendidikan yang jeli terhadap perubahan ini, bukan tidak mungkin dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang baik. Alasan dari pernyataan tersebut karena salah satu ranah teknologi pendidikan adalah menciptakan dan menciptakan sebuah e-learning yang memiliki kelebihan tentu sangat mungkin bagi seorang teknolog pendidikan. Alasan kedua adalah karena tren penggunaan internet di Indonesia yang semakin menunjukkan peningkatan. Dilansir dari laman we are social bahwa penggunaan internet dunia semakin meningkat seperti pada infografis berikut ini:

Klik untuk lihat gambar

Sedangkan tren penggunaan internet di Indonesia cukup signifikan, hal ini terlihat pada infografis berikut:

Klik untuk lihat gambar

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet dalam pendidikan sangat berpotensi untuk menciptakan lapangan kerja baru. Banyak pula yang telah merintis platform pembelajaran berbasis internet ini, baik berbayar maupun gratis. Bagi teknolog pendidikan ini merupakan batu loncatan yang baik jika hendak mengembangkan sebuah sistem pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

 

Link eksternal

Link berita

Berikut ini infografis penggunaan internet di Asia Tenggara:

Link infografis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *