Media Sosial Sebagai Media Pendidikan

Tren penggunaan media sosial di Indonesia setiap hari semakin meningkat dan penggunanya semakin banyak terutama bagi kaum muda yang masih berada dalam usia belajar. Dilansir dari laman we are social bahwa terdapat peningkatan sebesar 23% dari periode Januari 2017 hingga Januari 2018. Dapat dikatakan pengguna media sosial di Indonesia bertambah 2 Juta pengguna.

Klik untuk lihat gambar

Selain daripada itu, pengguna internet rata-rata menggunakan gadget atau pawai mereka kurang lebih sepertiga hari atau 8 jam. Rata-rata waktu yang dipakai pengguna untuk media sosial adalah 3 jam 23 menit. Jadi penggunaan media sosial cukup signifikan di Indonesia yang menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang dapat membantu proses pembelajaran zaman now yang identik dengan belajar dimana saja dan kapan saja.

Klik untuk lihat gambar

Penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran di Indonesia juga didukung dengan frekuensi penggunaan internet dilihat dari intensitas waktu penggunaan. 79% pengguna internet menggunakan aksesnya setiap hari. Angka ini cukup signifikan dapat dijadikan alasan kuat bahwa media sosial dapat dijadikan media pembelajaran di Indonesia.

Klik untuk lihat gambar

Jadi media sosial dapat dijadikan sebagai sebuah media pembelajaran jika tetap digunakan dengan pantauan dari pembelajar yang bertanggung jawab dalam pembelajaran tersebut. Melihat tren saat ini yang serba digitalized tidak menutup kemungkinan bahwa pembelajaran di masa depan akan mengalami perubahan yang cukup besar.

 

Berikut ini infografis penggunaan internet di Asia Tenggara:

Link infografis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *