Data Penggunaan Media Sosial di Indonesia

Media sosial pada tren kehidupan sekarang menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan. Dari usia muda hingga yang manula memiliki akun media sosial mereka masing-masing bahkan terkadang satu orang memiliki beberapa akun pada sebuah media sosial. Tentu ini memberikan dampak yang besar dalam kehidupan masyarakatnya. Warga internet atau yang biasa disebut dengan netizen sebagai identitas dari pengguna juga sudah melekat pada tiap individu. Pengguna sosial media di Indonesia meningkat 30% atau setara dengan 28 juta dalam periode Januari 2017 hingga Januari 2018. Hal ini dapat diamati dari digital report oleh we are social sebagai berikut:

Klik untuk lihat gambar

Pengguna aktif media sosial di Indonesia juga mengalami peningkatan sebanyak 23% atau bertambah sebanyak 24 juta orang dari Januari 2017 hingga Januari 2018. Penggunaan media sosial di Indonesia telah direkam pada laman we are social menjelaskan bahwa pengguna menggunakan berbagai macam perangkat untuk menghabiskan waktu sebanyak 3 jam 23 menit hanya untuk menggunakan sosial media seperti pada infografis berikut:

Klik untuk lihat gambar

Sepertiga waktu penggunaan rata-rata internet di Indonesia adalah untuk media sosial. Entah kegiatan upload file ke media sosial seperti pada media sosial facebook, youtube, whatsapp, instagram, telegram dan lainnya, berbagi informasi melalui chatting di whatsapp, facebook messenger, telegram dan lainnya atau hanya sekedar mencari sesuatu pada youtube atau instagram. Kegiatan ini yang menjadikan penggunaan perangkat elektronik seperti smart phone, tablet atau laptop sangat besar di Indonesia.

Adapun sosial media yang paling aktif di Indonesia berdasarkan aktivitas yang ada di dalamnya adalah YouTube yang mencapai 43% dari total aktivitas penggunaan sosial media di Indonesia, disusul oleh Facebook dengan 41%, Whatsapp sebanyak 40% dan Instagram sejumlah 38%. Lebih jelasnya telah terlampir pada infografis berikut ini:

Klik untuk lihat gambar

Dapat disimpulkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia termasuk tinggi. Pengguna biasa menggunakan smart phone untuk mengakses media sosial dan situs media sosial yang paling aktif digunakan adalah YouTube.

 

Berikut ini infografis penggunaan internet di Asia Tenggara:

Link infografis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *