Apa itu Augmented Reality?

Teknologi Informasi dan Komunikasi pada masa kini semakin berkembang dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, kedokteran hingga ke dalam bidang pendidikan. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti militer, kedokteran dan medis serta games dan diadopsi ke dalam bidang pendidikan adalah Augmented Reality.

Augmented Reality atau realita terbatas merupakan sebuah teknologi yang memasukkan objek dalam bentuk 2D atau 3D ke dalam lingkungan nyata. Perbedaan mendasarkan dengan Virtual Reality adalah jika Virtual Reality menggantikan realita secara utuh sehingga pengguna berada dalam dunia virtual, tapi Augmented Reality hanya menambahkan objek dalam dunia nyata.

Dalam implementasi pada bidang pendidikan, Augmented Reality dapat digunakan dalam pembelajaran yang membutuhkan media sebagai penguat, seperti pada materi IPA tentang organ tubuh pada makhluk hidup. Augmented Reality memberikan pengalaman belajar yang baru karena untuk menggunakannya hanya membutuhkan sebuah alat seperti kartu yang telah dirancang dan sebuah gadget seperti tab atau smartphone.

AR buatan mahasiswa TP UIKA

 

Eksternal Link : Link laman

Eksternal Link : Klik untuk lihat gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *