Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Sikap

S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius;
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral     dan etika;
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik;
S9Menunjukan sikap dan etika yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas profesi sebagai pembelajar sepanjang hayat pada bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara mandiri; dan
S10Mengintegrasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Pengetahuan

P1Menguasai Landasan Filosofis dan teori ilmu social dan prilaku  yang relevan dengan pendidikan dan pengembangan masyarakat
P2Menguasai konsep teori dan aplikasi pendidikan dan pengembangan masyarakat
P3Menguasai prinsip dan strategi pendidikan dan pengembangan masyarakat;
P4Menguasai Prinsip dan prosedur pengembangan penialaian, dan penelitian, dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat
P5Menguasai Prinsip dan prosedur pengembangan pendidikan dan pengembangan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
P6Menguasai konsep ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kesejahteraan masyarakat sebagai perwujudan keagungan ajaran islam
P7Menguasai prinsip akademik yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif dan relevan dengan dinamika kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai islami

Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Keterampilan

KETERAMPILAN UMUM
KU 1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU 3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU 4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data
KU 5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU 6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU 7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU 8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU 9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KETERAMPILAN KHUSUS
KK 1Mampu menerapkan ilmu Sosial dan perilaku manusia (behavioral sciences) dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat;
KK 2Mampu mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat;.
KK 3Mampu menyelesaikan masalah bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi;
KK 4Mampu mengusulkan solusi terbaik untuk  menyelesaikan masalah dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat
KK 5Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dalam masalah pendidikan dan pengembangan masyarakat
KK 6Mampu mengendalikan atau melakukan pendampingan dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat;
KK 7Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program atau intervensi bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat;
KK 8Mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah sosial dari sudut pandang pendidikan dan pengembangan masyarakat ; dan
KK 9Mampu melaksanakan dan mengkomunikasikan hasil riset bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat serta memanfaatkannya dalam pengembangan program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat
KK 10Mampu memanfaatkan IPTEK dalam melakukan pendidikan dan pelatihan dalam pendidikan masyarakat
KK 11Mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran