
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Sikap
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius; | ||
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; | ||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S8 | Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S9 | Menunjukan sikap dan etika yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas profesi sebagai pembelajar sepanjang hayat pada bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara mandiri; dan | ||
S10 | Mengintegrasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Pengetahuan
P1 | Menguasai Landasan Filosofis dan teori ilmu social dan prilaku yang relevan dengan pendidikan dan pengembangan masyarakat |
P2 | Menguasai konsep teori dan aplikasi pendidikan dan pengembangan masyarakat |
P3 | Menguasai prinsip dan strategi pendidikan dan pengembangan masyarakat; |
P4 | Menguasai Prinsip dan prosedur pengembangan penialaian, dan penelitian, dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat |
P5 | Menguasai Prinsip dan prosedur pengembangan pendidikan dan pengembangan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi. |
P6 | Menguasai konsep ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kesejahteraan masyarakat sebagai perwujudan keagungan ajaran islam |
P7 | Menguasai prinsip akademik yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif dan relevan dengan dinamika kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai islami |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Keterampilan
KETERAMPILAN UMUM | |
KU 1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU 2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
KU 3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
KU 4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data |
KU 5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU 6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU 7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU 8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU 9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KETERAMPILAN KHUSUS | |
KK 1 | Mampu menerapkan ilmu Sosial dan perilaku manusia (behavioral sciences) dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat; |
KK 2 | Mampu mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat;. |
KK 3 | Mampu menyelesaikan masalah bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi; |
KK 4 | Mampu mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat |
KK 5 | Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dalam masalah pendidikan dan pengembangan masyarakat |
KK 6 | Mampu mengendalikan atau melakukan pendampingan dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat; |
KK 7 | Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program atau intervensi bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat; |
KK 8 | Mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah sosial dari sudut pandang pendidikan dan pengembangan masyarakat ; dan |
KK 9 | Mampu melaksanakan dan mengkomunikasikan hasil riset bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat serta memanfaatkannya dalam pengembangan program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat |
KK 10 | Mampu memanfaatkan IPTEK dalam melakukan pendidikan dan pelatihan dalam pendidikan masyarakat |
KK 11 | Mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran |